Kamis, 18 November 2010

Sampah Plastik yang di Bakar Menimbulkan Kanker

SAMPAH PLASTIK- Sampah plastic yang dibakar bersama samapah lain menghasilkan zat kimia dioksin yang bisa menimbulakan kanker. Masyarakat dihimbau tidak membakar samaph sembaranagan, khususnya sampah dati bahan plastic yang dibakar bersama samaph lain menghasilkan kimia dioksin yang bisa menimbulkan kanker.

Hal itu di ungkapkan spesialis patologi anatomi dan Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia ( UKI ) . dr. Sontan Sirait. Beliau mengatakan Dioksin adalah zat kimia yang sangat beracun dan bisa menimbulkan berbagai jenis kanker seperti Luikimia, Kanker Kelenjar Getah Bening ( Limpoma ), dan Endometriosis pada perempuan. Meskipun sudah terbukti sebagai penyebab kanker, Dioksin trus diproduksi. Dia mencontohkan , membakar samaph adalah kebiasaan masyarakat. Sampah yang dibakar biasanya tidak di pilih, apakah bahan itu terbuat dari plastic atau bukan.

Sementara itu, pemerintah tidak melindungi warganya . itu terbukti dari penanganan sampah yang dilaksanakan saat ini samaph dari Rumah Tangga yang dikumpulkan di Bantar Gebang, bekasi. Seharusnya samapah rumah tangga dikumpulkan dan dibakar dengan alat pembakar samapah sampai suhu 1.000 derajat celcius. Dengan suhu sepanas itu, Dioksin tidak akan di produksi. Alat pembakar sam,pah itu seharusnya ada di setiap kota.

Menurut Sirait, dioksin juga bisa dihasilkan oleh pabrik kertas yang menggunakan teknologi Klorin. Diluar negeri, pabrik-pabrik yang menggunakan teknologi klorin wajib melaporkan kadar klorin pada limbah industry. Berbeda dengan di Indonesia yang cenderung membiarkan dioksin terus diproduksi oleh pabrik maupun melalui pembakaran sampah .

Kanker yuang ditimbulkan oleh dioksin memerlukan waktu lama, sekitar 20-30 tahun dengan kadar sedikit. Zat Karsinogenik itu masuk ke tubuh manusia melalui makanan yang terkontaminasi dioksin maupun melalui udara yang dihirup oleh dioksin terdapat bebas diudara maupun diair sehingga jika limbah industri kertas yang menggunakan teknologi KL mencemari sungai, ikan disungai , ikan pun terkontaminasi klorin. Dampak pencemaran itu berlanjut ke manusia yang mengkonsumsi ikan tersebut. Sirait menambahkan , Ekspose dioksin terhadap manusia sehari-hari tidak berarti semua orang yang terkontaminasi zat kimia itu mengidap kanker. Tetapi dioksin meningkatkan kasus kanker di masyarakat. Justru karena itu masyarakat di himbau untuk tidak membakar samaph sembarangan, karena akan membuat kesehatan juga terganggu .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar