Minggu, 08 April 2012

Kenaikan Harga BBM dan Aksi Demonstrasi Mahasiswa


Kenaikan Harga BBM dan Aksi Demonstrasi Mahasiswa - Sekarang ini terdengar dimana-mana tentang aksi demo mahasiswa menuntut isu kenaikkan BBM yang akan segera dilaksanakan oleh pemerintah dalam beberapa minggu kedepan. Bagi setiap orang yang kontra dengan dengan kenaikan harga BBM memang sangat mendukung aksi yang dilakukan oleh para mahasiswa ini, bentuk dukungan pun datang dari semua kalangan terutama kalangan bawah yang benar-benar sangat disengsarakan dengan adanya kenaikan harga BBM ini. Mereka juga berharap agar aksi-aksi yang akan dilakukan oleh para mahasiswa ini bisa mendapat respon positif, paling tidak bisa menggagalkan rencana pemerintah menaikkan harga BBM. Yang diharapkan oleh semua orang pastilah demonstrasi yang aman tanpa adanya tindakan-tindakan anarki baik dari pihak demonstran ataupun aparat itu sendiri.


Menimbang dari pengalaman-pengalaman demonstrasi mahasiswa menuntut keadilan rakyat kecil seperti pada saat Reformasi tahun 1998, masyarakat pun akhirnya mempunyai perspektif bahwa aksi demo mahasiswa menolak Kenaikan Harga BBM akan berlangsung anarkis dan tidak sesuai dengan proses demonstrasi yang diidam-idamkan, yakni demonstrasi yang aman, tertib dan mendapat respon dari pihak yang kita tuju yang pastinya pemerintah.

Bayangan semua orang akan kemungkinan-kemungkinan terjadinya tindakan anarkis pada aksi demo mahasiswa menuntut penolakan kenaikan harga BBM itupun menjadi kenyataan. Pada bebarapa aksi demo mahasiswa kemarin saja, rata-rata berakhir dengan anarki dan tak terkendali. Bukannya hasil yang didapat, tetapi yang terjadi hanyalah bentrokan-bentrokan mahasiswa dengan pihak kepolisian yang mencoba menghalangi aksi demo mahasiswa. Kondisi sperti itu terjadi pada aksi demo mahasiswa di Gambir, Jakarta, Surabaya, Medan, Tanjung Priuk dan Makasar. Terkhusus untuk aksi demo mahasiswa yang terjadi di Makasar, justru bentrokan yang terjadi adalah antara mahasiswa dengan warga sekitar. Warga yang merasa mereka dirugikan dengan adanya aksi demo mahasiswa tersebut. Sebenarnya apa yang terjadi? Pertanyaan itu pasti muncul dibenak kita semua, mengapa masyarakat yang seharusnya mendukung aksi demo mahasiswa menolak kenaikan harga BBM tapi malah balik menyerang mahasiswa? Apa yang salah dengan semua ini?

Demo ini terjadi karena keputusan pemerintah yang TIDAK dapat diterima oleh masyarakat banyak, yang meresahkan rakyat kecil, kaum buruh serta para pedagang kecil yang berat untuk menerimanya.

Tujuan mahasiswa sebenarnya cuma satu, yakni menegakkan keadilan yang sebaik mungkin. Dimana selain factor-faktor tersebut, mahasiswa juga secara hakiki memang harus menjadi tulang punggung rakyat terhadap sebuah tindakan yang sangat merugikan dan menyengsarakan hajat hidup orang banyak terutama kaum rakyat miskin.¬¬¬¬¬
Menurut saya, tindakan para demostran sangatlah benar, hanya caranya yang salah. Sikap demostran yang seperti ini dengan tujuan adil dan benar untuk bersama. Hanya cara mereka yang salah, karena tak seharusnya para demostran merusak fasilitas-fasilitas Negara karena bagaimanapun itu, fasilitas tersebut dibuat dari uang rakyat juga. Yang saya harapkan, pemerintah memberikan Kebijakan-kebijakan yang membangun serta tidak mensengsarakan rakyatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar